-->

Belajar HTML #23 : Cara membuat IFrame HTML

Konten [Tampil]

    Iframe (inline frame) adalah sebuah tag HTML yang digunakan untuk menampilkan konten dari halaman web lain di dalam halaman web Anda. Tag ini sangat berguna jika Anda ingin menampilkan konten yang di-hosting di tempat lain, seperti video dari YouTube atau peta dari Google Maps, di dalam halaman web Anda. Artikel ini akan membahas cara membuat Iframe di HTML.

    Belajar HTML : Cara membuat IFrame HTML


    Menambahkan Tag Iframe

    Untuk menambahkan Iframe ke halaman web Anda, Anda perlu menambahkan tag HTML berikut:

    
    <iframe src="namafile.html"></iframe> 
    

    Pada contoh di atas, tag Iframe menunjukkan sumber konten dengan atribut "src", yang digunakan untuk menentukan URL atau file yang akan dimuat ke dalam Iframe. Anda dapat mengganti "namafile.html" dengan URL atau nama file yang ingin Anda tampilkan.

    Menentukan Ukuran Iframe

    Anda dapat menentukan ukuran Iframe Anda dengan menambahkan atribut "width" dan "height" ke dalam tag Iframe. Berikut adalah contoh kode:

    
    <iframe src="namafile.html" width="500" height="400"></iframe>
    

    Pada contoh di atas, Iframe akan memiliki lebar 500 piksel dan tinggi 400 piksel.

    Menambahkan Border dan Scrollbar

    Anda dapat menambahkan border dan scrollbar pada Iframe dengan menambahkan atribut "frameborder" dan "scrolling" ke dalam tag Iframe. Berikut adalah contoh kode:

    
    <iframe src="namafile.html" width="500" height="400" frameborder="0"
    scrolling="auto"></iframe> 
    

    Pada contoh di atas, atribut "frameborder" diatur ke 0 untuk menghilangkan border pada Iframe, sedangkan atribut "scrolling" diatur ke "auto" untuk menambahkan scrollbar jika konten Iframe melebihi ukuran yang ditentukan.

    Menambahkan Nama pada Iframe

    Anda juga dapat menambahkan nama pada Iframe dengan menambahkan atribut "name" ke dalam tag Iframe. Hal ini berguna jika Anda ingin menargetkan Iframe dari JavaScript atau HTML. Berikut adalah contoh kode:

    
    <iframe src="namafile.html" width="500" height="400" frameborder="0"
    scrolling="auto" name="myiframe"></iframe> 
    

    Pada contoh di atas, Iframe diberi nama "myiframe" dengan menggunakan atribut "name".

    Kesimpulannya, Iframe adalah tag HTML yang digunakan untuk menampilkan konten dari halaman web lain di dalam halaman web Anda. Anda dapat menentukan sumber konten, ukuran, border, scrollbar, dan nama untuk Iframe dengan menambahkan atribut ke dalam tag Iframe. Dengan menggunakan Iframe, Anda dapat menampilkan konten yang di-hosting di tempat lain di dalam halaman web Anda dengan mudah.

    LihatTutupKomentar