-->

Belajar HTML #9 : Cara membuat Text Formatting HTML

Konten [Tampil]

    Format Text HTML (HTML Text Formatting) : HTML menyediakan berbagai cara untuk memformat teks pada halaman web. Dalam artikel ini, kita akan membahas beberapa cara umum untuk memformat teks pada HTML.

    HTML Text Formatting

    Menggunakan Tag <strong> dan <em>

    Tag <strong> dan <em> digunakan untuk memberi teks lebih banyak penekanan dengan masing-masing menampilkan teks dalam tebal dan miring. Berikut adalah contoh penggunaan tag <strong> dan <em>:

    
    <strong>Ini adalah teks tebal.</strong> <em>Ini adalah teks miring.</em> 
    

    Menggunakan Tag <u> dan <s>

    Tag <u> dan <s> digunakan untuk memberi garis bawah atau garis tengah pada teks. Berikut adalah contoh penggunaan tag <u> dan <s>:

    
    <u>Ini adalah teks dengan garis bawah.</u> <s>Ini adalah teks dengan garis tengah.</s> 
    

    Menggunakan Tag <sup> dan <sub>

    Tag <sup> dan <sub> digunakan untuk menampilkan teks sebagai superscript (atas) atau subscript (bawah). Berikut adalah contoh penggunaan tag <sup> dan <sub>:

    
    Ini adalah teks <sup>superscript</sup>. Ini adalah teks
      <sub>subscript</sub>. 
    

    Menggunakan Tag <br> dan <hr>

    Tag <br> dan <hr> digunakan untuk membuat baris baru dan garis horizontal pada halaman web. Berikut adalah contoh penggunaan tag <br> dan <hr>:

    
    Ini adalah teks pertama.<br> Ini adalah teks kedua. <hr>
    

    Menggunakan Tag <blockquote> dan <q>

    Tag <blockquote> dan <q> digunakan untuk menampilkan kutipan pada halaman web. Tag <blockquote> digunakan untuk kutipan yang lebih panjang, sedangkan <q> digunakan untuk kutipan yang lebih pendek. Berikut adalah contoh penggunaan tag <blockquote> dan <q>:

    
    <blockquote> Ini adalah kutipan yang lebih panjang. Ini adalah
      baris kedua dalam kutipan. </blockquote> Ini adalah kutipan yang lebih
      pendek: <q>Ini adalah kutipan.</q> 
    

    Menggunakan Tag <pre>

    Tag <pre> digunakan untuk menampilkan teks dengan format awal yang sudah ditentukan. Ini sering digunakan untuk menampilkan kode atau teks dengan format yang harus dipertahankan. Berikut adalah contoh penggunaan tag <pre>:

    
    <pre> Ini adalah teks dengan format awal yang ditentukan. Ini
      adalah baris kedua dalam teks. </pre> 
    

    Kesimpulan

    HTML menyediakan berbagai cara untuk memformat teks pada halaman web, dari memberikan teks penekanan khusus hingga menampilkan kutipan atau teks dengan format awal yang ditentukan. Dalam membuat halaman web, penggunaan tag yang tepat dapat membantu meningkatkan keterbacaan dan memberikan informasi yang lebih baik kepada pengguna.

    LihatTutupKomentar