-->

7 Tips Praktis SEO Wordpress

Konten [Tampil]
    7 Tips Praktis SEO Wordpress


    Wordpess merupakan salah satu CMS (Content Management System) yang banyak di gunakan untuk membangun sebuah website diseluruh dunia. Untuk membangun sebuah website menggunakan Wordpress tidak diperlukan kemampuan Programming yang membuat mata berkunang-kunang pusing tujuh keliling. Cukup hanya menekan tombol next next next maka taaraaaa website anda sudah jadi.

    Namun apakah cukup hanya itu sehingga website kita sudah SEO Friendly ? diperlukan beberapa trik yang akan dibahas lengkap dibawah ini.

    Membuat perubahan yang kecil saja pada website wordpress anda akan berdampak sangat signifikan untuk mendongkrak ranking website anda di mesin pencari dan meningkatkan SEO website anda.

    Jika Ranking website anda tidak menghasilkan seperti yang diharapkan, hal itu bukan akhir dari segalanya, Anda hanya perlu melakukan beberapa pengaturan untuk memperbaikinya.

    Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan Ranking website anda di mesin pencari. 7 Seo Tips untuk situs Wordpress berikut ini saya jelaskan tips yang mudah, cepat dan terbukti menaikan ranking website anda di mesin pencari

    1. Pastikan anda mengaktifkan HTTPS

    Menggunakan SSL Sertifikat dalam situs anda membuat pengunjung yakin bahwa situs anda aman untuk dikunjungi, hal ini akan menaikan ranking situs anda di mesin pencari.

    SSL Sertifikat tersedia baik yang bayar ataupun yang Gratis, hal ini tergantung penyedia Hosting yang anda gunakan. Ketika SSL Sertifikat sudah terpasang di situs anda, selanjutnya anda dapat menggunakan Plugin Really Simple SSL untuk memastikan Konten artikel anda tersedia dalam Protokol yang aman.

    2. Optimasi URL

    Struktur Permalink yang baik merupakan hal yang penting untuk membuat URL yang SEO Friendly, Wordpress memberikan anda keleluasaan untuk memodifikasi URL dari situs anda. Hal terpenting yang harus anda perhatikan adalah tempatkan Kata Kunci (keyword) yang anda bidik pada URL ini. Hal ini merupakan salah satu trik yang berguna untuk mememperbaiki URL situs anda agar URL situs anda SEO Frendly.

    Ketika Mesin pencari seperti google mentelusuri situs anda, mesin pencari akan mudah memahami tema konten yang di rayapi, sehingga akan menempatkan situs anda di Google penelusuran sesuai keyword yang dicari oleh pengunjung

    3. Gunakan SEO Plugin

    SEO Plugin adalah cara yang ampuh untuk mendiagnosa dan memperbaiki kesalahan-kesalahan teknis pada halaman blog anda dan SEO Plugin tersebut akan memberikan rekomendasi perbaikan yang diperlukan. Setidaknya pasanglah beberapa SEO Plugin di bawah ini

    a. Yoast SEO adalah salah satu plugin popular yang banyak digunakan. Versi gratis dari Plugin ini mampu membantu mengoptimasi atau memaksimalkan konten artikel anda agar SEO Friendly di mata mesin pencari.

    b. Rank Math Ketika Plugin ini dipasang pada blog wordpress anda, kitab isa melihat sebuah panel khusus untuk melihat perubahan artikel yang akan berdampak positif pada SEO kita.

    4. Meta Description

    Meta Description adalah sebuah rangkuman dari sebuah artikel yang kita buat di Wordpress. Meta Description ini memberikan gambaran untuk mesin pencari tentang topik pembicaraan dalam sebuah artikel yang mereka rayapi.

    Jumlah kata pada Meta Description tidak boleh lebih dari 275 Karakter agar terlihat penuh pada google penelusuran. Tempatkan Keyword atau Kata Kunci yang anda bidik pada Meta Description di setiap artikel yang relevan dengan kata kunci tersebut.

    Buatlah meta Description yang menarik yang dapat memancing rasa penasaran pengunjung Ketika mereka melihat meta description di google penelusuran sehingga akhirnya mereka mengklik blog anda daripada blog-blog sejenis yang ikut tampil di google penelusuran Ketika pengunjung mengetikan suatu kata kunci tertentu.

    5. Buatlah Konten Artikel yang bagus.

    Konten Artikel yang bagus adalah cara terbaik untuk memperbaiki SEO blog kita di mata mesin pencari. Konten yang bagus adalah konten yang membahas detail suatu tema yang menjadi kata kunci dalam sebuah website.

    Pastikan anda mempunyai pemahaman yang mendalam mengenai tema artikel yang anda terbitkan di website, dan lakukan beberapa Riset kata Kunci untuk memberikan anda gambaran kata kunci terbaik yang sering di cari oleh pengunjung.

    Hindari membuat Konten Duplikat pada website anda. Duplikat Konten adalah Topik konten yang telah di buat sebelumnya di situs anda atau sudah di terbitkan oleh orang lain disitusnya sendiri. Gunakan Prepost Content Duplicate untuk mengecek kontent anda.

    Konten Duplikat akan berdampak Negatif pada tingkat SEO website anda di mesin pencari. Cara terbaik untuk membuat konten adalah gunakan metode E-A-T yang merupakan kepanjangan dari

    Experties atau anda menguasai tema yang tulis menjadi artikel

    Authoritativeness atau anda membuat kontent original milik anda

    Trustwortiness atau konten artikel anda dapat dipercaya dan bukan sebuah kebohongan atau hoak

    Pastikan anda memiliki menu Tentang Kami atau About Us di halaman website anda, yang akan memberikan gambaran Experties dan Authoritaiveness konten artikel website anda pada pengunjung. Jika anda tidak punya keahlian pada tema artikel yang anda buat, alangkah lebih baik anda dapat berkolaborasi dengan orang lain yang mempunyai keahlian yang membutuhkan untuk membuat sebuah artikel pada website anda.

    6. Site Optimization

    Site Speed atau kecepatan Situs untuk merespon permintaan pengunjung merupakan factor penting untuk meningkatkan SEO anda. Menampilkan konten dengan cepat Ketika ada permintaan dari pengunjung adalah hal yang paling diinginkan oleh pengunjung website anda. Bayangkan jika anda menjadi pengunjung sebuah website untuk membukan halaman tersebut yang ditampilkan hanya loading, tentu anda akan merasa kesal dan segera pergi beralih ke website lain yang dapat memerikan informasi dengan cepat, setiap detik kecepatan website anda untuk tampil akan sangat berarti.

    Gunakan penyedia hosting yang sudah menyediakan Optimize Website Wordpress dimana hosting tersebut menggunakan NGIX yang memanfaat Cache untuk menghemat sumber daya memory.

    Gambar yang anda gunakan dalam artikel pun harus di optimize, maksudnya jika gambar yang anda gunakan dalam artikel berukuran besar hal ini akan memberatkan pada saat menampilkan halaman karena akan meload gambar yang terlalu lama. Gunakan CDN (Content Delivery Network) untuk menyediakan gambar yang akan anda tampilkan untuk mengurangi durasi waktu load gambar anda pada artikel.

    7. Perhatikan Data Analytic

    Google Search Console dan Google Analytics adalah dua buah alat yang di sediakan oleh Google untuk mempelajari performa website anda. Grafik Informasi yang disediakan disana memberikan informasi yang detail tentang bagaimana pengunjung berinterkasi dengan konten anda dalam sebuah website.

    Tools lain yang perlu anda coba adalah Bing’s Webmaster Tools dan pilihan tools pihak ketiga lainnya seperti Semrush harus anda coba sebagai data yang anda perlukan untuk mengembangkan website yang anda Kelola.

    Kesimpulan 

    Pengerjaan SEO merupakan tantangan tersendiri, khususnya jika anda adalah pembuat website dengan skala kecil. Bagaimanapun lakukanlah tips yang sudah dijelaskan diatas dan buatlah konten artikel yang berkualitas agar posisi ranking website anda berada paling atas dalam sebuah pencarian kata kunci.



    Jetorbit Web Hosting

    LihatTutupKomentar